Dasar Programming !? Mulai dari sini | Algoritma




mrwikia pengertian algoritma
Hai hai :D
Topic hari ini : A L G O R I T M A , iyap. Kali ini ini MrWikia akan berbagi sedikit ilmu tentang algoritma sebagai dasar programming, Okay. Algoritma , udah pernah dengar ? Udah pernah pasti dong ya :P.
kalau udah dengar programiing , coding pasti ada algoritma algoritmanya ya.

Tapi apa sebenarnya Algoritma itu?? Hmm

Singkatnya Algoritma adalah serangkaian langkah – langkah.
Lebih Panjang sedikitnya Serangkaian langkah – langkah yang tepat , terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
Mudah di ingatkan? Tetapi gak perlu di ingat kok :P. Hanya perlu dipahami.

Sekarang ayo kita bahas satu satu arti dari tepat , terperinci, dan terbatas.

mrwikia pengertian algoritmaLangkah yang tepat artinya adalah seranngkaian langkah tersebut selalu benar untuk menyelesaikan masalah. Jika langkahnya memberikan hasil yang benar, maka itu bukan algoritma. Sip beres satu.

Langkah yang terperinci, artinya Langkah tersebut harus detail , kenapa harus detail? Karena komputer itu bod*h :P. Kenapa saya bilang begitu? Karena kompur itu tidak mengerti “Pindah sedikit” , “Bagi sedikit “, “Miringkan sedikit”, komputer tidak “sedikit” :P. Jadi jika anda memberikan perintah pada komputer anda harus terperinci , misalnya begini “Pindahkan kotak yang berada di atas meja itu 50 cm ke arah kanan” , nah begitu baru lumayan terperinci.

Mungkin anda bertanya , tapi kok ada yang namanya smartphone (Ponsel pintar / cerdas) dan lain lain. Sebenarnya yang pintar itu bukan handphone-nya loh.. tapi orang yang buatnya. Mungkin karena dengan handphone tersebut , pengguna dapat melakukan banyak hal, karena itulah disebut smartphone :D.

Ok , selanjutnya , Langkah yang terbatas. Ini artinya serangkaian langkah tersebut harus ada akhirnya, atau batasnya. Contohnya begini “ambil air , masukkan ke bak mandi, ulangi ambil air , masukkan ke bak mandi, dan seterusnya”, contoh yang barusan TIDAK dapat disebut sebagai algoritma. Kenapa? Karena perintah di atas tidak memiliki batasan. Coba kalian baca sekali lagi, lihat ujung perintahnya , “dan seterusnya”. Tidak ada perintah untuk berhenti kan? Seperti MrWikia katakan di atas, harus terperinci. Jadi bagaimana langkah yang terbatas. Begini , “ ambil air, masukkan ke bak mandi, ulangi langkah tersebut sampai bak mandi penuh ” . Nah ada akhirannya kan ? :3 .

Okay itu dia sedikit Penjelasan tentang Algoritma dari MrWikia :D




Sharing is Loving

Tinggalkan Komentar Di Bawah

Previous
Next Post »