Pascal Part 1 : Pengenalan




mrwikia pascal part 1 pengenalan
Ok teman teman :D.
Kali ini MrWikia akan posting tentang programming ! Tepatnya bahasa yang kita pelajari adalah Pascal. Ini adalah pilihan bagus bagi kalian kalian yang baru mengenal atau baru memasuki dunia pemograman yang katanya ribet itu :P.

Padahal kan tidak sesulit itu. Ok Langsung saja ya :D.

Pertama-tama kalian harus tau dulu sedikit tentang algoritma , dan compiler :P. Kalau belum tau tenang saja :P. Saya sudah posting algoritma, jadi silahkan baca postingan saya yang sebelumnya :3. Ini linknya mrwikia.blogspot.com/blablba atau boleh juga klik di sini.

Ok. Jika sudah tau tentang algoritma kita lanjut saja ke pengenalan bahasa pascal.
Oh iya, sebelumnya kalian harus punya compiler yang sudah terinstall di komputer anda. Hmm , sebenarnya tergantung Sistem Operasi (OS) yang kalian gunakan .

Kalau kalian pakai Windows coba googling software yang namanya Turbo Pascal atau Free Pascal.
Atau juga bisa click di sini 

Tetapi bagi yang menggunakan Linux Ubuntu. Silahkan Install Free Pascal atau Geany, tetapi saya lebih suka menggunakan Geany. Untuk pengguna Ubuntu hanya perlu buka terminal (ctrl + alt + t) dan ketik : sudo apt-get install geany
kemudian install compilernya , di sini saya menggunakan free pascal comipler (fpc), jadi ketik lagi di terminal : sudo apt-get instal fpc
Oh iya, cara di atas juga bisa untuk distro turunan ubuntu, atau juga bisa di distro linux lainnya seperti Kali Linux, Debian dan lain lain :D.

#Free Pascal tersedia untuk OS Windows dan Linux, Turbo Pascal hanya untuk Windows. Kalau geany saya tidak tau :P. Mungkin juga ada untuk Windows.

Okay, kita sudah siap untuk belajar pascal.
Ayo kita tulis Program Pascal pertama kita !!

Jreng Jreng :P

Pertama buka Geany atau apapun yang anda install tadi.
Kemudian buat file baru ( di geany . File ==> New atau juga bisa New( with template)
Tulis kode seperti dibawah ini , termasuk titik (.) , koma(,) titik koma (;), huruf besar huruf kecil. Pokoknya harus persis ! :P.

BEGIN

write('Hello World');

END.

Iya itu dia kodenya di atas :P. kode di atas akan menghasilkan out tulisan yang ada di dalam ( ' ' ) , yaitu Hello World. Boleh juga digantu sesuka anda.

Ini dia penjelasannya tentang kode di atas. Komputer hanya akan menjalankan kode yang terdapat di dalam (BEGIN) sampai (END.) . Karena itu adalah struktur utama dari program pascal.
write berguna untuk menge-print / menulis program, jadi tanpa write tidak akan ada output / tulisan yang keluar.

Nah Sekarang silahkan dicoba code pascalnya. Tulis juga code yang kalian coba di komentar ya :D.

Ok teman. Itu dia pengenalan pascal part 1 dari MrWikia.
Lihat di Sini untuk daftar Isi Bahan Belajarnya
http://mrwikia.blogspot.com/p/blog-page.html





Sharing is Loving

Tinggalkan Komentar Di Bawah

Previous
Next Post »