Pengertian atau Kategori Hacker, Phreaker, Defacer, Cracker, Hacker Wannabe, Script Kiddies, Scammer, Newbie, Carder,



Hacker



Pengertian Hacker Cracker Mrwikia


Hacker adalah golongan yang professional dalam bidang IT atau komputer. Mereka adalah orang orang yang memiliki pengetahuan tentang sistem komputer. Hacker memiliki pengetahuan dan minat yang mendalam dalam bidang IT sehingga mereka mengenal kelemahan suatu sistem dan berupaya mengujinya. Namun hacker tidak sembarangan melakukan perusakan terhadap suatu sistem karena itu merupakan etika seorang hacker.

Baca juga : Tanya Jawab Seputar Hacker

Baca juga : Sejarah dan Pengertian Hacker

Cracker

Pengertian Hacker Cracker Mrwikia

Hacker bisa dikategorikan orang yang juga memiliki pengatahuan pemograman yang terbilang tinggi tetapi sedikit pengetahuan tentang jaringan. Biasanya cracker menggunakan kemampuannya untuk mengubah sebuah program, men-disfungsikannya, atau menipulasi kerja sebuah program. Contohnya: Mengubah program yang berbayar menjadi gratisan. Contoh program berbayar yaitu Internet Download Manager (IDM) yang sekarang banyak digunakan oleh orang tanpa bayar alias gratis. Begitulah salah satu hal yang dilakukan oleh cracker.

Defacer

Pengertian Hacker Cracker Mrwikia

Pernah melihat kejadian di mana orang dengan bangganya memarken nama panggilannya di web orang lain dan berkata "This web has been hacker" by " Stealth Sploit " ..... .  Orang yang melakukannya dinamakan defacer. Defacer umumnya hanyalah orang iseng yang ingin mencari tau ilmu , uji coba, uji kemampuan dan mencari jati diri :P. Ada juga  orang yang melakukannya karena marah dll. Pada umumnya defacer tidak terlalu mengerti tentang pemorgraman, tetapi mereka lebih memahami tentang kinerja web server dan script di dalamnya.
#Defacer juga ada yang professional, ada juga yang kurang :D

Phreaker

Pengertian Hacker Cracker Mrwikia

Di indonesia mungkin kata yang satu ini agak jarang terdengar. Phreaker hampir sama dengan cracker, sama sama suka dan mencari gratisan :v. Tetapi phreaker lebih memahami tentang jaringan atau bug  bug jaringan /telekomikasi. Contohnya : Menelpon gratis, browsing , streaming , download sepuasnya tanpa bayar alias gratis.  Itu merupakan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Phreaker.

Hacker Wannabe


Pengertian Hacker Cracker Mrwikia
Nah , yang satu ini nih yang jumlah paling buaanyaak.. dan yang paling mudah dijumpai, apalagi di inodnesia. Kalau di negara lain saya enggak tahu :v. Apakah anda udah tau arti dari yang satu ini? Mungkin kamu adalah salah satunya :P. Hacker wanna be bisa dibilang suatu kondisi psikologi di mana seseorang ingin melakukan sesuatu yang gila dan diluar batas kemampuannya , dia berkata bisa hack google , facebook, tetapi pada nyatanya ia tidak bisa apa apa, ia ingin melakukaknya , agar ia mendapatkan pengkuan "hebat" "mampu" "wahh kamu keren banget" "pinter banget " bla bla bla bla. Contoh paling mudah didapat yaitu kalau ada teman kamu yang ngaku ngaku bisa hack facebook google dll dengan sombong dan niat pamer, upload/ menggunakan foto Anonymous dan hacker tetapi tidak bisa apa apa, maka dia adalah "Hacker Wannabe".
#Ada juga orang yang menggunakan foto Anonymous dan hacker tetapi memang memiliki skill, jangan langsung men-judge orang , ok :)

Script Kiddies


Pengertian Hacker Cracker Mrwikia
Yang satu ini juga buaanyak banget di Indonesia. Script Kiddies bisa dikategorikan orang yang sudah agak lama kenal dengan komputer dan ia pandai menggunakan , bukan menemukan apalagi menciptakan. Biasanya mereka banyak bicara, padahal ia tidak paham tentang dasar dasar tentang apa yang mereka sedang kerjakan. Kebanyakan dari mereka juga adalah para defacer yang merubah tampilan website menggunakan tools atau software buatan orang lain.

Scammer

Pengertian Hacker Cracker Mrwikia

Scammer sempat populer di Indonesia pada tahun 2000 sampai 2005, di Indonesia Scammer juga punya julukan lain, yaitu frauder . Yaitu penipu di dunia maya atau manipulasi dan sebagainya.
Salah satu contoh tindakannya adalah Generalisasi kartu kredit.
Scammer hampir sama dengan cracker dan phreaker namum scammer lebih ceroboh dan lebih bod*h. Umumnya mereka lumayan mengerti tentang seluk beluk jaringan tetapi buta tentang pemograman dan keamanan.

Newbie

Pengertian Hacker Cracker Mrwikia

Newbie , ya anda pasti tahu. Newbie adalah pemula, sebagiannya juga merupakan orang yang baru kenal dengan komputer. Newbie bisa berkembang menjadi apa saja, hacker, cracker , phreaker , dll. Newbie ini seperti selembar kertas putih, atau telur, atau bayi yang bisa menjadi apa saja, sesuai dengan kondisi lingkungan , kemauan, caranya menilai sesuatu, dan faktor lainnya.

Carder

Pengertian Hacker Cracker Mrwikia

Ketika web atau dunia web baru pertama kali muncul. Muncul lah beberapa kerusakan kecil yang dilakukan oleh Script Kiddies. Tujuan mereka tak lain adalah agar mendapatkan pengakuan dari orang lain maupun dari kelompoknya sendiri. Namun seiring perkembangan zaman dan maraknya organisasi - organisasi yang menerapkan metode dan aplikasi bisnis yang berbasis web. Tujuan mereka mulai berubah, mereka mulai mengincar yang "uang". Para Professional dalam bidang ini mampu menyusup kedalam sistem korban tanpa ketahuan dan memanfaatkannya untuk mendapatkan uang non-halal :v.
Carder juga bisa disebut dengan Perampok Cyber.
Misi utama Carder bisa dikatakan adalah bagaimana mendapatkan nomor kartu kredit dan melakukan transaksi dengan nomor tersebut.

Sekian Penjelasan dari saya. Mohon dikoreksi jika ada yang salah.

Pertanyaan , kritk dan saran silahkan tinggalkan komentar di bawah :).


Sharing is Loving

Tinggalkan Komentar Di Bawah

Previous
Next Post »