Fungsi Nyamuk




Anda semua pasti tau binatang yang satu ini, namanya "Nyamuk" . Siapa coba yang gak tau nyamuk. Siapa yang gak pernah di gigit nyamuk?? Saya yakin anda sodara2 sekalian pasti pernah digigit nyamuk, dan itu sangat menjengkelkan bukan. Tapi pernahkah anda bertanya apa nyamuk itu ada gunanya? Apa ada manfaatnya ? Kata teman saya fungsi nyamuk adalah supaya bisa jualan obat nyamuk :v , trus ada perusahaan obat nyamuk dan mengurangi pengaguran :v. Jawabannya bisa diterima sodara :v.
manfaat nyamuk / fungsi nyamuk


Ok langsung saja..

Ini dia penjelasan tentang nyamuk


Nyamuk ternyata sudah ada dari 100 juta tahun lalu sodara , dan ada sekitar 3500 spesies di dunia ini yang digolongkan sebagai "n-y-a-m-u-k" . Nyamuk ini ada di setiap benua, dan setiap kota. jadi kemanapun anda pergi anda bisa menemukan nyamuk.


Memang nyamuk ini banyak merugikan dan banyak ilmuwan yang setuju akan hal ini. Bayangkan saja setiap tahun ada lebih 1 juta orang yang meninggal dunia karena wabah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk, dan ada ada sekitar 247 juta orang yang terkena malaria gara-gara nyamuk.



Sebenarnya bukannya hanya malaria penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. diantaranya adalah



Malaria
DBD (Demam Berdarah)
Ensafalitis
Rift Valley
Virus Chikungunya
Virus West Nile
Demam Kuning


Banyak juga kan penyakit yang disebarkan nyamuk. Sampai - sampai ada ilmuwan dari Universitas Federal Santa Catarina di Brazil, Carlos Brisola Marcondes mengatakan "Lebih aman bagi manusia bila nyamuk tidak ada,






Tapi jangan salah, ternyata nyamuk juga punya manfaat.


Berikut adalah penjelasan dari ahli ekologi :


1. Hilang nya larva / jentik nyamuk yang telah menjadi makanan bagi ratusan spesies ikan, menyebabkan ikan-ikan harus bergantinya sumber makanannya. perubahan pola makan ini bisa mengakibatkan perubahan peta genetik / dna dari ikan-ikan yang efeknya akan diteruskan kepada rantai makanan berikutnya, termasuk manusia.


Dalam bentuk larva, nyamuk menghasilkan substansial biomassa mulai dari ekosistem perairan, kolam-kolam hingga kepada genangan air di ban bekas. Larva-larva ini memakan daun-daun busuk, detritus organik dan mikroorganisme. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman


2. Beberapa spesies nyamuk berperan dalam penyerbukan tanaman tropis seperti coklat (dilakukan oleh spesies-spesies nyamuk dari keluarga ceratopogonids), hilangnya species ini bisa mengakibatkan proses penyerbukan dan penyebaran tanaman coklat secara alami terhambat.


3. Nyamuk ternyata sangat membantu dan efisien didalam menyebarkan bakteri patogen. ia bisa menularkan bakteri patogen pada seseorang kepada orang lain dengan sangat cepat.


4. Banyak ahli lingkungan percaya bahwa nyamuk suatu saat bisa kita gunakan untuk tujuan-tujuan yang baik dan bermanfaat. Usaha untuk membasmi seluruh species nyamuk bukannya tidak mungkin, namun ada pemikiran bahwa kesuksesan usaha ini akan membuat kekosongan / hilangnya satu komponen pada ekosistem yang nanti posisinyanya akan digantikan / diisi oleh sesuatu yang lain (karena ekosistem selalu berusaha untuk memulihkan fungsinya).


Hasil penelitian terakhir dari studi Entimologi university of Florida menyatakan bahwa nyamukakan mendeteksi dan memilih darah yang akan disedot. Darah yang berbau asam, misalnya asam laktat dan asam urat, serta darah yang berbau kolesterol menjadi primadona untuk dihisap oleh nyamuk.


Nyamuk akan memindai zona darah yang akan dihisap dengan mengandalkan pengelihatan dan sensor panas. Penerima panas pada nyamuk cukup peka untuk mendeteksi perbedaan suhu hingga sekecil 1/100oC. Selanjutnya, nyamuk akan menghisap darah yang banyak mengandung kolesterol dan vitamin B, karena nyamuk tidak dapat memproduksi senyawa tersebut.


Salah satu jenis kolesterol, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) adalah ikatan antara lemak dan protein. Keberadaan LDL yang berlebihan dalam darah akan berimbas keapda pengerasan pembuluh darah. LDL akan cenderung mengendap di dinding pembuluh darah. Pembuluh darah terkecil, yaitu pembuluh darah kapiler. Sedangkan pembuluh darah kapiler banyak terdapat di jaringan adiposa. Jaringan adiposa sendiri adalah tempat dimana lemak terkumpul, maka erat kaitannya antara LDL dan peningkatan lemak di jaringan adiposa.


Nyamuk yang telah memindai zona ikatan protein dan kolesterol akan mengambil darah dari tempat tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Nyamuk juga menggunakan sensor pendeteksi asam laktat dan asam urat, sedangkan asam urat juga adalah senyawa yang apabila dalam jumlah banyak akan cenderung mengendap dan menyebabkan inflamasi, namun nyamuk menyukai darah yang mengandung asam urat. Sedangkan asam laktat salah satunya akan terbentuk ketika reaksi kimia untuk memberikan energi pada otot.


Otot yang kekurangan oksigen ketika perubahan energi dari gula yang dibawa oleh darah maka akan menyebabkan nyeri di otot, hal ini bisa terjadi apabila seseorang tidak melakukan warming up ketika olahraga.


Otot yang terasa nyeri biasanya akan terasa lebih panas dari bagian lain apabila diraba dengan kulit tangan. Namun, nyamuk memiliki sensor yang lebih canggih untuk mendeteksi hal ini agar darah di area tersebut dapat terdeteksi. Dengan demikian, kita akan melihat peran dari nyamukbagi manusia, yang salah satunya dapat dijadikan indikator dini bagi permasalahan kesehatan manusia.


Dapat disimpulkan Manfaat Nyamuk adalah:

1. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman.

2. Membantu Proses penyerbukan tanaman coklat

3. Membantu menyebarkan bakteri Patogen

4. Sebagai rantai makanan species lain seperti kodok, cicak, dll

5. Sebagai Indikator dini bagi permasalahan kesehatan

6. Terciptanya lapangan pekerjaan dan mampu mengurangi pengangguran melalui pabrik obatnyamuk, dokter-dokter, perawat dll

7. Terciptanya jenis-jenis obat nyamuk seperti, obat nyamuk bakar, gel, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektronik, juga mendorong manusia untuk membuat temuan-temuan baru dibidang IPTEK.




Sekian, semoga bermanfaat. :D

Sharing is Loving

Tinggalkan Komentar Di Bawah

Previous
Next Post »